Cumi Pedas Masak Kemangi


Sekali Anda tahu cara mengempukkan daging cumi-cumi, Anda akan ketagihan untuk mempraktekkan menu-menu cumi. Mulai dari digoreng hingga dibakar dengan saus lezat seperti berikut ini.
Bahan:
250 gram cumi-cumi segar
Untuk rendaman:
1 sdt jahe parut 1/4 sdt garam
Saus teriyaki:
2 sdt gula merah 4 sdt arak masak 2 sdt kecap asin 1/2 sdt tepung maizena, dilarutkan dengan 2 sdt air
Cara Membuat:
1. Bersihkan cumi-cumi dengan menarik kepala dari tubuhnya. Potong bagian mata hingga kepala, sisakan bagian tentakelnya. Buang tulang bening di dalam dan juga isi perutnya. Kelupas kulit cumi yang berwarna ungu transparan sehingga cumi berwarna putih bersih. Kemudian bilas cumi di air yang mengalir hingga bersih.
2. Lumuri cumi-cumi yang telah dibersihkan dengan parutan nanas atau hancuran kiwi untuk mengempukkan daging. Biarkan selama 30 menit.
3. Bilas cumi-cumi, kemudian labur dengan jahe dan garam, biarkan selama 15 menit.
4. Didihkan 750ml hingga 1 liter air di panci (jumlah air diperkirakan bisa merendam semua cumi). Masukkan cumi saat mendidih dan masak selama 10 hingga 15 detik. Segera angkat dan letakkan di wadah dengan es batu agar tidak terlalu matang.
5. Buat irisan-irisan di dinding cumi dengan jarak agak lebar agar tidak putus.
6. Di wajan terpisah, masukkan semua bahan saus teriyaki, kecuali tepung maizena. Didihkan dengan api kecil sambil diaduk terus. Saat terakhir, masukkan larutan tepung maizena, aduk-aduk dan angkat dari api.
7. Panaskan oven di suhu 175oC. Sementara itu, Baluri cumi-cumi dengan saus teriyaki hingga rata.
8. Gunakan wadah tahan panas untuk oven, letakkan cumi-cumi yang telah berbumbu di dalamnya. Panggang selama 5 menit.
9. Keluarkan, sirami dengan saus teriyaki lagi, dan panggang lagi selama lima menit atau hingga kematangan yang Anda inginkan.

sumber : http://www.vemale.com

Cumi Pedas Masak Kemangi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Renata Tisha

0 komentar:

Posting Komentar