RESEP AGAR-AGAR BUAH PEPAYA


Agar-agar dengan rumput lautnya dikenal sebagai makanan sehat karena mengandung serat/fiber lunak yang tinggi dan kalori yang rendah. Kandungan serat lunak yang tinggi membantu melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan di usus (laksatif). Banyak studi dan percobaan berbahan agar-agaryang digunakan sebagai zat pengurang berat badan karena dianggap lebih alami dan sehat. Penambahan susu atau krim jarang dilakukan pada agar2 bahkan sering dikombinasikan dengan buah-buahan segar, membuatnya jadi pilihan ideal sebagai hidangan penutup yang enak, manis dan ringan tetapi lebih sehat dan segar.


Berikut resep agar-agar berbahan sederhana dengan tampilan kreatif.

Bahan :
  • 2 sachets agar-agar warna putih
  • 4 buah pepaya ukuran kecil
  • 10 gram gula pasir
  • ½ sendok teh vanili
  • air secukupnya
CARA MEMBUAT AGAR-AGAR BUAH PEPAYA ENAK SEGAR :
  1. Kupas kulit pepaya, belah menjadi 2 bagian lalu buang bijinya. Ambil/ keruk sebagian sisi-sisinya sehingga buah pepaya berbentuk mangkuk yang diulir seperti gambar, sisihkan.
  2. Tuang agar2 ke dalam panci berisi air, aduk hingga tidak ada yang menggumpal lalu didihkan. Masukkan gula pasir sambil terus diaduk hingga mendidih kembali dan gula larut.
  3. Angkat dan tuang segera larutan atau adonan agar2 ke dalam mangkuk pepaya, beri juga kerukan pepaya ke dalamnya lalu dinginkan. Setelah agar-agar mengeras, potong-potong setebal 2 cm atau sesuai selera lalu siap disajikan.

RESEP AGAR-AGAR BUAH PEPAYA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Renata Tisha

0 komentar:

Posting Komentar